Wednesday, November 16, 2011

RUANG LINGKUP BIMBINGAN


A.    Bimbingan sebagai “Bantuan”
1.      Makna dan Tujuan Pelayanan Bimbingan-Konseling
Ciri khas dari bantuan melalui bimbingan terletak dalam tujuan bantuan itu diberikan, yaitu agar orang atau kelompok orang yang dilayani mampu menghadapi semua tugas perkembangan hidupnya secara sadar dan bebas.
Konseling merupakan salah satu layanan bimbingan, sehingga tidaklah perlu disebut sebagai istilah majemuk Bimbingan dan Konseling. Pelayanan bimbingan dengan sendirinya sudah mencakup layanan Konseling. Namun, layanan konseling sungguh-sungguh merealisasi tujuan bimbingan dan merupakan layanan inti.
                          
2.      Orang-Orang yang Dilayani
a.       Berada dalam fase hidup atau situasi kehidupan dimana bantuan orang lain dibutuhkan.
b.      Orang-orang yang sebenarnya membutuhkan atau, palin sedikit diperkirakan membutuhkan.

B.     Bimbingan di Sekolah
Fungsi pokok pelayanan bimbingan di sekolah, yaitu:
1.      Fungsi peyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam membantu siswa mendapatkan program studi yang sesuai baginya dalam rangka kurikulum pengajaran yang disediakan di sekolah.
2.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam membantu siswa menemukan cara menempatkan diri secara tepat di berbagai keadaan dan situasi.
3.      Fungsi pengadaptasian, yaitu fungsi bimbingan sebagai nara sumber bagi tenaga-tenaga pendidik yang lain di sekolah. 

DAFTAR PUSTAKA
Winkel, W. S & Sri, Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
 

No comments:

Post a Comment