Friday, January 20, 2012

"TESTIMONI"

Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Dina selaku dosen mata kuliah Bimbingan Konseling kami. Saya juga ingin meminta maaf sebelumnya, saya tahu ibu agak kesal lihat kami dikarenakan banyak yang tidak fokus pada saat kuliah berlangsung. Saya atas nama pribadi meminta maaf ya bu :)

Selama mengikuti kuliah BK, jujur saya memang salah satu diantara yang tidak fokus tersebut, karena pada hari Selasa saya ada 4 kuliah dari pagi sampai sore. Harap maklum ya bu ^_^
awal kuliah memang terlihat monoton dengan metode presentasi dan lagi, kami juga harus menilai performansi presenter disaat yang sama, sehingga pikiran menjadi terbelah dua antara mendengarkan presentasi dan menilai presenter. Tetapi, pada saat ibu mengizinkan kami untuk merubah suasana kelas agar menjadi lebih efektif, sedikit demi sedikit rasa monoton itu hilang. Sebelum kuliah dimulai sudah menyusun kursi agar terlihat santai, pada saat itu sudah mulai terasa semangatnya.

Pada saat UTS juga ibu memberikan kemudahan kepada kami dengan ujian "open book" mengenai kasus. Yah walaupun hasil UTS saya tidak memuaskan hehe.
Tapi saya terima nilai saya, karena pada saat UTS juga saya kurang maksimal dalam pengerjaannya dan agak kurang rapi dalam hal penulisan. Tetapi, saya harap kedepannya nilai saya bisa lebih daripada nilai sebelumnya.

Pada saat tugas observasi, kelompok saya memang sedikit kewalahan membagi waktu untuk diskusi dikarenakan dengan banyaknya tugas dari mata kuliah lain. Tetapi akhirnya kami menemukan waktu yang pas dimana semua data didapatkan dari SMK 8 mengenai bimbingan konseling di sekolah. Meskipun hasilnya kurang maksimal, tetapi kami menyadari kekurangan kami tersebut dengan diadakannya proses "diskusi" pada hari terakhir kuliah BK. Mungkin awalnya kami merasa cukup dengan nilai segitu, tetapi kami menyadari bahwa seharusnya kami bisa melakukan lebih dari itu.

UAS yang sebelumnya belum pernah saya alami di mata kuliah lainnya, hanya di BK ini saja yang ada UAS seperti ini. Simpel, melalui blog dan batasan waktu, tetapi tetap terarah.  Menunggu-nunggu balasan komen ibu itu rasanya "sesuatu" bu, penasaran akan "pertanyaan apa nih yang akan saya terima?". Untungnya semua berjalan dengan lancar. Saya juga berharap hasilnya juga akan baik tentunya. Saya juga menganggap grup facebook BK juga sangat membantu dalam menyampaikan informasi mengenai perkuliahan.

Sepertinya dalam testimoni ini saya hanya bisa berkata maaf dan terima kasih ya hehe
Karena memang seperti itu adanya bu
Ibu sudah sangat banyak memberikan kemudahan kepada kami dalam hal perkuliahan, bahkan sampai kami bisa memperbaiki blog yang awalnya sudah dinilai.

Saran saya untuk mata kuliah BK kedepannya:
- jadwal kuliah sebaiknya dirubah ke pagi atau siang hari
- masih tetap menggunakan e-learning, mungkin bisa membantu mahasiswa lain yang kurang suka    belajar dengan text book
- tetap mengadakan observasi ke lapangan

Harapan saya semoga mata kuliah BK menjadi mata kuliah yang bermanfaat bagi semua yang mengambilnya.

Sekian Testimoni dari saya, jika ada kesalahan saya mohon maaf lagi bu ^^
Terima kasih ...  

No comments:

Post a Comment